jump to navigation

Contoh Pengaruh Teknologi Tinggi Dalam Kultur Kita 29 Agustus, 2007

Posted by Sir Spitod in Essay-ish, SchoolWork, Techies.
trackback

Kini perkembangan teknologi yang semakin tinggi, semakin canggih, semakin hebat, disadari atau tidak, telah amat memengaruhi kultur kita. Kini sudah ada berbagai film, atau buku yang bergenre Sci-Fi. Dimana-mana terlihat teknologi yang state of the art.

Imajinasi manusia menggila. Mimpi akan teknologi masa depan telah menjadi dongeng bagi manusia modern. Dan saya akan membahas beberapa teknologi tinggi yang melekatkan diri dalam berbagai produk kultur abad-21.

1. Film

a. The Matrix

Film ini menceritakan bahwa sebenarnya kita hidup dalam “Virtual Reality” yang dinamakan The Matrix. Di dunia nyata, Mesin denganAI (Artificial Intellegence) yang luar biasa tinggi telah menguasai bumi. Manusia yang hidup dalam The Matrix ini adalah “ladang” energi bagi para mesin. Sedangkan manusia-manusia yang tersisa dan masih bertahan dalam perang dengan mesin-mesin tersebut, bergerak secara underground dalam dunia The Matrix.

Teknologi yang paling menarik bagi saya disini adalah “Virtual Reality” dan “Artificial Intellegence“.

Virtual Reality sekarang, tentunya masih tak ada apa-apanya dengan yang digambarkan di film, tapi perkembangannya cukup mengagumkan. bila kita lihat grafik kotak-kotak di komputer jaman baheula, hingga tampilan game mutakhir.. The Matrix is closer than you think. Lagipula, apa yang kita lihat dan rasakan itukan hasil proses otak kita.. apakah benar ada komputer di pandanganku?🙂

Artificial Intellegence. Masih belum kaya’ di film, tapi sudah lumayan. AI bila diterapkan akan dapat membantu manusia di berbagai bidang. Tapi sebetulnya saya sih engga yakin kalau AI bisa lebih pintar dari manusia. Sampai sekarang belum ada AI yang lulus tes Turing . But you never know.. 🙄

b. The Time Machine

Film ini menceritakan tentang seorang ilmuwan, yang karena kematian kekasihnya dia bertekad membuat sebuah mesin waktu, dalam usaha untuk mencegah kekasihnya mati. Mesin waktu: dia berhasil. Kekasihnya: dia gagal. Berapa kali-pun dia kembali ke masa lalu mencoba menyelamatkannya, gadis idamannya selalu mati. Maka ia mencari jawaban masalah tersebut ke masa depan..

Teknologinya jelas: Mesin Waktu. Hal ini tentu saja tidak mungkin bagi manusia, tapi ini bagaikan holy grail bagi orang-orang yang menginginkan keabadian. Dengan mesin waktu, berarti kita dapat mengurangi entropi. Kita bisa mengendalikan takdir kita sendiri. Ada kesalahan? Undo. Kita telah lepas dari kontinuum ruang-waktu, tak ada lagi masa lalu, sekarang atau masa depan. Waktu milik kita. Sebuah khayalan tingkat tinggi..

c. Star Wars

Film ini sangat populer. Star Wars menceritakan tentang kehidupan seorang Jedi di Long ago, in a galaxy far, far away.. Petualangan dan pertempurannya seru. Tapi saya bahas segini aja. Mending nonton filmnya..

Teknologi di film ini banyak: Pesawat Antariksa FTL(Faster Than Light), Komunikasi 3D, Senapan Laser, Mobil Terbang, Pasukan Robot…. Intinya, berbagai teknologi di film ini adalah impian para futurist. Bayangan akan bagaimana bentuk teknologi yang akan digunakan di masa depan. Sebetulnya, beberapa dari teknologi ini sudah tidak begitu lama lagi.. Walau mungkin adanya Alien dan koloni di luar angkasa, perang antar planet masih dalam lingkup science fiction.

2. Cerita/Buku

a. Doraemon (Komik)

Apa itu Doraemon? saya yakin anda semua tahu, jadi engga perlu pengenalan.. Walau terdengar kekanak-kanakan, Doraemon adalah salah satu yang mendorong saya ingin menjadi engineer. Alat-alat ajaib Doraemon adalah impian bagi kebanyakan anak-anak. Dan saya yakin, kita pernah berpikir “Seandainya aku punya baling-baling bambu..”;”Seandainya aku punya pintu kemana saja..”;”Seandainya aku punya Doraemon..”. So? Menurut saya, Wright Brothers adalah orang yang berpikir “Seandainya aku bisa terbang..”

b. Digital Fortress (Novel)

Digital Fortress adalah novel yang menceritakan tentang sebuah kode enkripsi yang super kuat dan tak terpecahkan, tak ada komputer yang sanggup mendekripsikannya. Dan penyebaran kode ini adalah bom waktu bagi NSA, biro agen kriptografi Amerika Serikat, karena hal ini akan menghilangkan kemampuan melacak mereka..

Teknologi di sini adalah kriptografi. Kini dengan adanya komputer, kemampuan enkripsi pesan telah menjadi semakin kuat. Tapi total privacy ini juga mengakibatkan mudahnya para teroris saling berkoordinasi.. Hingga sebetulnya, saya cukup yakin Amerika Serikat punya sebuah superkomputer untuk bruteforce password. Menurut saya, ini termasuk necessary evil. Buku ini memberikan sebuah contoh sisi baik dan buruk dari teknologi.

c. 20.000 Leagues Under the Sea

Petualangan kapal selam menjelajahi hingga palung laut terdalam. Kapal selam adalah teknologi yang masih kurang dikembangkan, menurut saya. Telah lebih banyak orang yang pergi ke Luar Angkasa daripada orang yang menyentuh dasar laut. Padahal sebetulnya, kalau melihat di NGC dan Discovery Channel, dasar laut is an amazing world..

3. Lirik Lagu

a. Slightly Stoopid: Leaving on a Jet Plane

‘Cause I am leaving on a jet plane.. don’t know when i’ll be back again..

Pesawat Jet.. teknologi transportasi yang telah membuat dunia terasa lebih kecil. Tapi tetap saja pelaku lirik tersebut tak mau meninggalkan kekasihnya barang sebentar..🙂

b. USA National Anthem: The Star Spangled Banner

And the rocket’s red glare, the bombs bursting in air..

Lagu nasional Amerika Serikat telah mencantumkan Roket dan Bom.. Apakah ini salah satu yang mendorong mereka menjadi negara paling maju di Luar Angkasa(Roket) atau teknologi perang(Bom)?

c. Tracy Chapman: Fast Car

You got a fast car, I want a ticket to anywhere..

Lagu tentang mobil, yang cepat. Hehe, sebetulnya sih saya enggak pernah denger lagu ini sebelumnya, tapi enggak ada ide lagi niih..😀

Komentar»

1. agorsiloku - 2 September, 2007

Bukankah seribu tahun yang lalu pun kejadian yang sama telah terjadi, namun kita masih menyebutnya sihir… mimpi-mimpi artis itu, bukankah jadi bagian dari upaya pembuktian keberadaan manusia (mengapa ada)….

2. titiw - 12 Oktober, 2007

You gotta listen to tracy’s fast car man.. Suaranya.. ahoy.. rayuan pulau kelapa deh, ahahaha..

3. haikal - 7 November, 2007

what’s ur point???

all of this is just a piece of crap!!
you’re just bullshitting, u know?

4. erita - 16 September, 2008

tambahin gambarnya dan contoh-contoh komiknya n penjelasannya ya!!! thank’s ya GBU

5. riKZa - 19 November, 2008

kaya’nya emang asyk kalo apa ajah yang qt mau dgn cpt tersaji dan tiba2 ajah uda ada di dpAn mata…gak prLu capek2 ato usaha keras bwt ngedapatinnya,,
hahaha,,,,apaLagi kalo minta doRaemon,tRuz dy biLang,,”anbil ajah di KantOmg ajaibku…”sEneng bgt kHan,,hayOOo,cOba bayangin ajah dech,sOaLnya Emang gK bakaL kejadian.hEhehE.
tApi yang jelas_tiAp orang itu tEtEp boLeh ngayaL kOk..gK ada undang2nya,

6. ara_nine - 11 Februari, 2009

SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUU……

7. bowo - 28 September, 2009

thx buat informasi nyaa..akhir nya selesai juga tugas sya.🙂

8. ambo - 15 Juli, 2010

setuju..seneng baca posting’a

9. yh03d41 - 18 Agustus, 2010

thx for the note…

it’s help me to finish my homework….

10. Kuliah :: RiseT Teknologi Informasi | dellafebri - 3 Desember, 2010

[…] Contoh Teknologi Sehari-Hari dan Sejarahnya […]

11. david - 11 Maret, 2012

thx gan tugas kelar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: