jump to navigation

Menuju Titik Nadir : Fase-fase Mahasiswa Baru ITB 24 Oktober, 2007

Posted by Sir Spitod in Comedic, eXperience, Having fun, Interes-Things, Personal, Schooling.
trackback

Selama liburan, hal yang paling sering saudara-saudara saya tanyakan adalah: Gimana rasanya kuliah di ITB? betah enggak? pelajarannya sulit? dll.. dan jawaban saya cuman “Yah, begitulah..” karena bingung juga mau bilang apa.. agak enek nih, kuliahnya susahh..🙄 lagipula… Rasa, kebetahan, dan kesulitan terus berubah sepanjang perjalanan, karena itu jawaban saya sekarang dan minggu depan bisa berbeda.

Tapi berdasarkan obrolan dengan teman-teman sekelas, kami simpulkan ada empat fase yang akan dilewati oleh mahasiswa-mahasiswa baru..

Pertama-tama, saat mahasiswa itu baru masuk pikirannya jernih, percaya dirinya bagus, niat belajarnya tinggi. Selalu targetnya: nilai kuis, pratikum, tes, semua harus 100! IP mesti 4.0! periode ini kami sebut sebagai fase Idealistis.

Setelah beberapa minggu kuliah dan udah mengikuti tes pertama, pikirannya mulai sumpek, frekuensi belajar turun, dan targetnya dia rendahkan, nilai-nilai tidak perlu 100, yang penting enggak menyentuh area C. Sasaran IP, insya Allah diatas 3.0 . Semua mahasiswa(kecuali yang jenius) turun ke fase ini, yang dinamakan fase Realistis.

Lalu setelah nilai-nilai tes pertama diumumkan, sebagian mahasiswa baru akan memasuki fase yang lebih rendah lagi, yaitu fase Pesimistis. Karena apabila hasil ujiannya buruk, dia akan khawatir akan masa depan kelanjutan studinya. Begini, di ITB ada tahap TPB, yang dimana para mahasiswa baru mengikuti pelajaran Fisika, Kimia, Kalkulus dan penunjangnya selama 2 semester. Kalau kami gagal menyelesaikan TPB dalam batas waktunya, berarti DO. Apalagi, kalau telat lulus kan malu-maluin…

“Terus apa lagi, ya, yang lebih jelek lagi dari fase Pesimistis?” tanyaku kepada teman-teman.

“Hmm.. Hepatitis!!” sahut Iwan dengan senyum lebar.

LOL

Saat kami tertawa, dosennya masuk ke kelas, hingga obrolan terpaksa dihentikan. Jadi fase Hepatitis belum sempat kami definisikan. Tapi, dari namanya saja fase ini pastilah sangat buruk:mrgreen: . Mungkin ini berlangsung pada mahasiswa yang IP-nya dibawah 1.. atau menjelang DO, ya? silahkan bayangkan sendiri..

Sekarang tampaknya saya sudah berada pada tahap Realistis. Fase ini masih lumayan enak, kebanyakan teman juga nimbrung di fase ini. Tapi besok nilai UTS Kalkulus pertama akan diumumkan.. Brrr… Doakan saya tidak jatuh ke fase Pesimistis, apalagi Hepatitis, ya.🙂

Komentar»

1. mathematicse - 24 Oktober, 2007

Waduh ternyata begitu ya rasanya jadi mahasiswa ITB? MUdah-mudahan kang Spitod tetap optimis berada di fase aman (Idealis atau realistis).😀

2. sigid - 24 Oktober, 2007

Kalo makanannya gimana yah?
Abisnya kalau denger Bandung, saya mbayanginnya makanan:mrgreen:

3. Iwan - 24 Oktober, 2007

Haha…
Masih inget juga lo…
Padahal kan itu sebelum liburan, udah dua minggu lewat…😀

4. atmo4th - 24 Oktober, 2007

sayangnya saya masih di kategori idealis haha😀

5. irvan132 - 25 Oktober, 2007

wah, gw mah ampir masa kritis ini a.k.a Phd (Pas hampir DO).
hahaha.

-IT-

6. benbego - 25 Oktober, 2007

Anak ITB tho, di fak apa? fisika bukan? kenal dihanto ngga? fisika!

7. purmana - 26 Oktober, 2007

Hehehe….😆 😆
Anak2 ITB bercandanya suka aneh-aneh aja :mrgeen:

Fase saya sih sering berubah-ubah tergantung pengaruh eksternal dan internal. Pas Abis libur Lebaran kemaren fase saya Idealistis soalnya ingin dapet nilai Kimia A,,,, tapi sekarang mendadak Hepatitis…….. soalnya gak ngerti-ngerti ama materi Kimianya😦

8. agorsiloku - 26 Oktober, 2007

fase ke lima jangan sampai ya… fatalistik…😀
Memelihara fase satu aja terus… hasil di fase dua, sekedar lalai kadang bertandang ke fase tiga sekali saja… tapi hati-hati keterusan….

9. Aku Ingin Tersenyum Seperti Mereka !!! « Jalan Perjuangan - 27 Oktober, 2007

[…] dateng ke acara wisudaan?? Kan hari Sabtu tuh hari tenang setelah menempuh UTS Kimia yang bikin hepatitis kemarinnya. Lalu disuruh dateng pagi jam 10 WIB (Waktu Insan Beriman) eh, acaranya jam 3 sore-pun […]

10. Zaki Hoppus - 14 November, 2007

bolehlah fasa yang terakhir itu fasa hepatitis asal jgn jd fasa autis. Tapi gw yakin kok anak itb itu generally kurvanya V bukan U. Lo bayangin dik, kalo kurva lo U, artinya lo klamaan di stasioner. Kalo V, itu baru namanya kuliah.
Yang lebih diingat, jgn ampe kurva lo W!

11. Darth Spitod - 15 November, 2007

@mathematicse
aminn!!

@sigid
lumayan..

@iwan
yah, soalnya lagi bingung mau nuis apa..

@irvan
Wah, singkatan baru, niih..

@benbego
sori, gak kenal

@purnama
I feel your pain, man.

@agorsiloku
ya, betul..

@zaki
that’s right, bro!

12. Iwan - 19 November, 2007

@spitod: Purmana Not Purnama

13. andi - 20 Februari, 2008

berarti dik, aku termasuk yang mana dong?
idealistis ato realistis!!!!
hehehe…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: