jump to navigation

The Origin of The “Finger” 24 Agustus, 2007

Posted by Sir Spitod in Interes-Things, meme.
trackback

Sudah pernah melihat posisi jari seperti itu? Kalau sering melihat film-film luar, pasti pernah. Kalau si penjahat atau jagoannya lagi pissed off, biasanya dia memosisikan jarinya seperti itu sambil bilang F**k You!. Kalau saya lihat, gesture(bahasa tubuh) ini sudah menyebar luas, karena anak SD aja sekarang banyak yang sudah ngerti maksudnya. Tapi, ada yang tahu enggak asal usulnya?

Percaya atau tidak, silahkan. Gesture ini sudah berumur lebih dari seribu tahun! Gesture ini kenal sebagai digitus impudicus (“Jari yang kurang ajar”) di teks-teks kuno romawi. Terdapat pula referensi terhadap “the finger” ini di komedi kuno Yunani dalam The Clouds karya Aristophanes. Saat itu gesture ini sudah dikenal sebagai tindakan menghina. Penyebaran gesture ini kemungkinan disebabkan oleh besarnya pengaruh kebudayaan Romawi pada zaman itu.

Ada pula cerita urban legend, bahwa sebelum pertempuran Agincourt pada tahun 1415, Prancis, yakin akan menang melawan Inggris, mengancam akan memotong semua jari tengah prajurit Inggris yang tertangkap. Tanpa jari tengah para prajurit Inggris tak akan bisa lagi menggunakan  busur longbow Inggris yang terkenal, maka mereka tak akan bisa lagi bertarung. Busur terkenal ini terbuat dari kayu pohon yew Inggris, dan tindakan menarik busur dikenal sebagai “plucking the yew”. Tak terduga oleh Prancis, Inggris meraih kemenangan besar dan lalu, para prajurit Inggris mengejek  dengan melambaikan jari tengah mereka ke para prajurit Prancis yang telah kalah sambil berkata, “See, we can still pluck yew!”

Tahun-tahun berikutnya, para “ahli etimologi” telah terbiasa dengan gesture simbolk ini. Karena “pluck yew”agak sulit diucapkan oleh orang Prancis, lambat laun “pl” berubah menjadi “F” dan “yew” menjadi “You” dan karena para prajurit Inggris selalu melakukannya sambil menonjolkan jari tengah mereka,  gesture dan perkataan ini dianggap saling terkait. *ini cerita urban legend, yang berarti bukan sejarah. tapi yang Romawi betulan, kok.

Komentar»

1. lauthfi - 24 Agustus, 2007

Good information ….

2. mathematicse - 28 Agustus, 2007

Wah thnak you info menariknya nih…, saya baru tahu.😀

3. andib2n - 4 September, 2007

Jadi gitu ceritanya, berarti gua salah dong😀

Ingat pernah ngejelasin ttg itu ama anak SD yang suka nunjukin jari tengahnya ama temannya. Gua tanya :”Lo tau gak itu artinya apa?”. Dia jawab :”Gak bang.” Terus gua kasih tahu :”Yang jari tengah itu sama dengan pestol lo, dan jari2 yang menutup di kiri kanan mengelambangi pelor pendampingnya. Jadi kalau lo acungkan jari lo kayak gitu, sama aja lo nunjukin punya lo.”

Gua ngomongnya blak-blakan persis kayak gitu. Di angkot lagi… tapi bodo amat, yang penting gua harap dia kapok😛

4. Spitod-san - 6 September, 2007

@lauthfi
thanks..

@mathematicse
Saya juga lho😀

@andib2n
Pokoknya jangan asal ngacung dah! anak kecil udah begitu… kacau!🙄

5. zee - 1 Mei, 2008

hahahaha
“Itulah Indonesiaaa….”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: