jump to navigation

Matematika Itu Salah! 21 Agustus, 2007

Posted by Sir Spitod in Having fun, Interes-Things, Tips & Trick.
trackback

2+2=5

Kalau saya lihat, orang yang tampaknya jago matematika banyak juga di wordpress, seperti Al Jupri, Deking, dll. Dan, wow! tulisan mereka banyak yang berkualitas. Pengunjungnya juga banyak.

Lalu? Saya jadi ingin ikut menulis sesuatu tentang matematika..  Kaget ya?  waktu SMA aja sering remedial, mau ngebahas apaan saya? Yah, karena tak sanggup menciptakan pemahaman, saya akan menebarkan kebingungan..:mrgreen:

Kegagalan Pertamax: 1=2!

bukti:

1. Asumsikan

2. Kalikan masing-masing dengan b

3.  Kurangi dengan

4. Keluarkan a

5. Faktorkan

6. Pindahkan..

7. Eliminasi yang sama

8. Jadi begini:

9. , maka:

10.  Terus..

11. Hilangkan a

12. Terbukti!  Matematika salah!

Kegagalan Keduax: 1=-1!

1. Sudah jelas kalau:

2. Ubah jadi bentuk pecahan

3.  Gunakan akar..

4. Ubah lagi

5. Kalikan  masing-masing ruas dengan , hingga didapat:

6. Akar dikali akar menjadi hilang:

7. Jelas terdapat bug dalam matematika!

Kegagalan Ketigax: 5=4!

1. Kita mulai dengan:

2. Kita ubah sedikit, tapi nilainya sama

3. Faktorkan masing-masing sisi

4. Tambahkan nilai baru pada masing-masing sisi

5. Faktorkan lagi

6. Hilangkan pangkat duanya

7. Sederhanakan.

8. Matematika, lagi-lagi salah

Kesimpulan

Matematika yang telah menjadi dasar banyak ilmu dan peradaban, ternyata banyak memiliki bug. Mari kita komplain pada yang mematenkan matematika! Garansi! Pembaca kecewa!..😆

*bagi yang ahli matematika dan ngerti kenapa begitu, jangan kasih tahu disini ya..:mrgreen:

Tambahan: Contoh dari penggunaan matematika oleh orang yang tak bertanggung jawab:

For the girls, no offense.. just kidding.. 😀

Dari berbagai sumber.

Komentar»

1. agorsiloku - 21 Agustus, 2007

ha…ha…ha… kesimpulan terakhir boleh juga….
Yang pertamax … kan musti ada syarat a, b nya bilangan apa…
jangan-jangan bilangan imajiner😀

Yang Keduax : bingung😦

2. atmo4th - 22 Agustus, 2007

Wakaka, keren2 mas postnya…

*bagi yang ahli matematika dan ngerti kenapa begitu, jangan kasih tahu disini ya..:mrgreen:

Saya kan bukan ahli matematika, jadi boleh, hehe…

nyang pertama :

ini tuh harusnya masing-masing sisi udah jadi nol, jadi enggak valid..

Kalo yang kedua tuh, kalo akar, syaratnya nyang di dalem akar harus lebih besar sama dengan nol.. Gak valid lagi.

Ketiga, rancu di tapi gak ngerti kenapa hehe,.. salut deh yang ini..

Kalo yang keempat, hehe…

3. Joerig™ - 22 Agustus, 2007

Gubrakzzzzzzz

4. mathematicse - 22 Agustus, 2007

😀

5. aRuL - 23 Agustus, 2007

wak… matematika kan memang suatu bahasa yang bisa diputar balikkan…🙂

6. Spitod-san - 23 Agustus, 2007

@Agorsiloku
a dan b gak jadi masalah kok, bilangan apa. trik-nya bukan disitu

@Atmo4th
pertamax betul, keduax hampir betul alasannya, ketigax: asal mau ngitung ketahuan kok!

@Joerig😆

@Mathematicse
gampang ya, buat bapak?🙄

@Arul
Yah, tergantung kemampuan kita memanipulasi angka.

7. sigid - 24 Agustus, 2007

“saya akan menebarkan kebingungan”
Berhasil mas🙂
Matematika ilmu pasti ndak to jadinya

-salam kenal-

@
Matematika itu ilmu pasti, tapi kudu teliti. kalo engga, ya bisa ketipu.

salam kenal juga..🙂

8. tukang ketik - 3 September, 2007
9. andib2n - 4 September, 2007

Gua gak ahli matematika, tapi penasaran ama salah kaprahnya di sini😛

Kesalahan di bagian pertamax : pada langkah ke 6

Dalam matematika sebenarnya tidak ada istilah dipindahkan. Itu hanya akal2an para guru saja (maaf kalau ada yg tersinggung). Yang benar adalah kedua sisi dibagi dengan bilangan yang sama. Tapi orang sering lupa, matematika sebenarnya mensyaratkan bilangan pembagi ini tidak boleh sama dengan 0. Karena asumsi awal, a=b, maka a-b=0, jadi ini yang tidak boleh…

Kesalahan di bagian keduax : ingat akar dari satu itu bisa 1 dan -1😉

Kesalahan di bagian ketigax : mirip ama bagian keduax, pas pencarian nilai akar suatu bilangan. Kalau yang sebelah kanan diambil nilai akar yang postif dan yang kiri diambil nilai akar yang negatif, gimana ?? Jadi :
5 – 9/2 = – (4 – 9/2)
5 – 9/2 = 9/2 – 4
0,5 = 0,5

Jadi jangan keburu menyalahkan matematika, contohnya kasus yang keempat terbukti benar kan??😀😀😀

@
Hebat, ketahuan semua triknya..😀 . Ini-kan sebagian besar iseng, lagipula menyenangkan, karena sebagian besar orang menjadi bingung..😆

10. hasan eL kyubi - 16 Mei, 2009

ada yang taw rumus akar joe sandy gag??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: