jump to navigation

KPTI di Galan Expo 22 Juli, 2007

Posted by Sir Spitod in eXperience, Schooling.
trackback

Kurang lebih 460-an siswa baru, masih berpakaian putih biru memenuhi lapangan upacara/basket di SMAN 39. Mereka duduk manis mengelilingi lapangan, dimana secara bergantian para perwakilan club ekstrakurikuler yang ada di sekolah memberikan demonstrasi dan informasi tentang ekstrakurikuler masing-masing. Puluhan anggota club yang lain sibuk di stand masing-masing, mempersiapkan barang-barang. Sementara aku yang sudah alumni berdiri santai, asyik mengamati adik-adik penerus bekerja. Wow, Galan Expo (Galan= Tiga Sembilan) tahun ini betul-betul ramai & sesak!

Acara tahunan Galan Expo, yang merupakan ajang bagi para club ekstrakurikuler unjuk gigi, tahun ini tampaknya telah digabungkan dengan acara orientasi siswa baru. Dan club yang masih mau eksis akan berusaha menarik sebanyak mungkin anak-anak baru itu. Setelah semua perwakilan selesai berbicara, siswa-siswi baru itu mulai menyebar dan melihat-lihat stand yang ada. Menyenangkan melihat KPTI(Kelompok Penggemar Teknologi Informasi), ekstrakurikulerku dulu, cukup diminati. Stand KPTI memajang tiga set komputer dan dua laptop yang menawarkan print foto, game, dan website galan yang dikelola KPTI. Sebetulnya KPTI hanya punya satu set komputer. Yang lainnya pinjaman dari anggota.

Dan walaupun aku dan temanku, sebagai alumni, tidak punya tanggung jawab apa-apa, saat pengunjung mulai banyak dengan senang hati kami mengurus salah satu komputer. Di komputer itu kami tayangkan kartun flash pendek tentang sejarah KPTI, website SMAN 39, dan menjawab pertanyaan para calon anggota yang datang, sementara kami ngobrol dan bercanda riang. Komputer game juga tampaknya cukup ramai, dan banyak siswa yang menetik data mereka di komputer pendaftaran, hanya sayang layanan cetak foto tak begitu laku. Tapi secara umum, acara berlangsung mulus.

Setelah acara mulai reda, aku tanya ada berapa siswa yang telah mendaftar. 88 orang. Yah, ini cukup hebat, lebih dari populasi dua kelas telah bergabung di KPTI. Tapi, aku tahu bahwa yang bertahan akan kurang dari seperempatnya. Sebulan pertama mungkin setiap pertemuan akan penuh sesak, tapi selanjutnya akan lengang. Yang tersisa hanyalah para loyalis, yang memang ingin menjadi bagian dari pengurus club. Fenomena ini cukup umum, dan tak hanya terjadi di KPTI saja.

Geli rasanya mengingat saat angkatanku dulu. Kesehatan KPTI kacau. Tak ada komputer, KPTI kurang dikenal, ruangan berantakan, kesulitan dana, anggota yang aktif hanya 7-8 orang dan arah tujuan tidak jelas.Rasanya aneh juga, kenapa aku mau bertahan. Mungkin karena tantangan yang ada dan aku sendiri seorang komputer geek, hingga kegiatan ekstrakurikuler lain tak begitu menarik. Lagipula, bisa bertemu dengan sesama geek yang bisa diajak ngobrol lingkup komputer, dengan berbagai komputer lingo yang tak dimengerti banyak orang, adalah hal yang cukup berharga. Dalam keadaan itu, Alhamdulillah, kami berhasil meluncurkan website sekolah, mendapatkan komputer, menyelenggarakan seminar & workshop linux, dan menangani proyek kalender untuk sekolah. Ah, those good ol’ days!

“KPTI, telah menjadi bagian dari kehidupanku dulu di SMAN 39, dan kini pun setelah jadi alumni, sebisa mungkin akan aku tengok bila ada kesempatan. Pengalaman yang didapat, kawan yang dikenal, ilmu yang diraih, Insya Allah akan berguna di masa depan.” Pikirku seraya pulang.

Komentar»

1. dantecurse - 27 Juli, 2007

viva kpti, hei spitod, tetep inget kpti yo,,

2. Nanda - 23 September, 2008

Sama kayak angkatan kita nih kak. Ga ada komputer, kurang dana, dll. Tapi insya Allah tahun ini kami akan berusaha supaya KPTI tidak vakum lagi. Mohon bantuannya ya kak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: