jump to navigation

Apa itu Teknologi? Apa itu Teknik? 29 Agustus, 2007

Posted by Sir Spitod in Essay-ish, SchoolWork, Techies.
trackback

Kata-kata ini telah sering kita gunakan, tapi sebetulnya mungkin tak semua dari kita benar-benar mengerti apa maksudnya. Kalau menurut sumber-sumber “terpercaya” sih begini..

Apa itu Teknologi?

Menurut Wikipedia Indonesia:

Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.

Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi.

Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.

Wikipedia inggris lebih singkat:

Technology is a broad concept that deals with a species‘ usage and knowledge of tools and crafts, and how it affects a species’ ability to control and adapt to its environment

Kalau MSN Encarta bilang begini:

Technology, general term for the processes by which human beings fashion tools and machines to increase their control and understanding of the material environment. The term is derived from the Greek words tekhnē, which refers to an art or craft, and logia, meaning an area of study; thus, technology means, literally, the study, or science, of crafting.

Sekalian, Encyclopedia of Britannica menyatakan:

The application of scientific knowledge to the practical aims of human life or, as it is sometimes phrased, to the change and manipulation of the human environment.

Tapi kalau generalisasi saya sendiri, Teknologi adalah kemampuan dan produk manusia dalam membuat alat/mesin/benda yang berguna dalam pekerjaan dan lingkup hidupnya.

Hmm.. kalau ada pendapat anda sendiri, silahkan. Tak ada yang super benar diantara sumber diatas.

Apa itu Teknik?

Wikipedia Indonesia bersabda:

Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).

Tapi Wikipedia Inggris meriwayatkan bahwa:

Engineering is the applied science of acquiring and applying knowledge to design, analysis, and/or construction of works for practical purposes

Sedangkan ABET(lembaga insinyur Amrik) berkata:

The creative application of scientific principles to design or develop structures, machines, apparatus, or manufacturing processes, or works utilizing them singly or in combination; or to construct or operate the same with full cognizance of their design; or to forecast their behavior under specific operating conditions; all as respects an intended function, economics of operation and safety to life and property.

Britannica sih ngomong gini:

the application of science to the optimum conversion of the resources of nature to the uses of humankind.

Terakhir, MSN Encarta meproklamasikan:

Engineering, term applied to the profession in which a knowledge of the mathematical and natural sciences, gained by study, experience, and practice, is applied to the efficient use of the materials and forces of nature

Teknik sih, menurut saya adalah disiplin ilmu terapan pada dunia nyata yang didasari ilmu-ilmu murni.

Dan sekali lagi, tak ada definisi yang paling benar diantara beragam pendapat diatas. Pick your choice.

About these ads

Komentar»

1. iwan - 30 Agustus, 2007

Kembalikan bukuku, mau ngerjain tugas bro…!!

@
sabar napa??

2. vanrogue - 6 Mei, 2010

wah banyak bener yah artinya, boleh juga nh :)

3. raiindee - 26 Agustus, 2010

thanks ya buad admin nya..
isinya sangat membntu.
refferensi nya lengkap
..
terus berjaya !!
=)

4. A-ghost - 26 Juli, 2012

thank’s….
ini sngat mmbantu sy. :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: